4 Hewan Purba Yang Dipercaya Pernah Tinggal Di Indonesia

Buaya purba moncong panjang (foto: idistracted.net)

Komodo dikenal sebagai hewan purba yang masih hidup sampai sekarang dan tinggal di Pulau Komodo di Kepulauan Nusa Tenggara. Tapi selain komodo, sebenarnya ada banyak hewan purba yang pernah mendiami Indonesia jutaan tahun lalu.

Hanya saja hewan-hewan purba tersebut tidak bernasib seberuntung komodo. Mereka dipercaya punah karena beberapa peristiwa alam. Hingga akhirnya beberapa fosil hewan purba ditemukan di beberapa situs prasejarah seperti d Sangiran dan Trinil.

Berikut beberapa hewan purba yang dipercaya pernah tinggal di Indonesia berdasarkan penemuan fosil hewan purba tersebut yang ditemukan arkeolog.

1. Kudanil Purba

(foto: wikipedia.org)

Nenek moyang kudanil dipercaya pernah hidup di Indonesia jutaan tahun lalu. Fosil kudanil purba di Indonesia pertama kali ditemukan di kawasan Sangiran, sebuah situs arkeologi di Jawa.

2. Buaya Purba Moncong Panjang

(foto: javahiddenplace.com)

Sama seperti kudanil purba, beberapa bagian fosil buaya purba moncong panjang juga ditemukan di kawasan Sangiran. Dari penemuan fosil tersebut, diketahui kalau sebagian besar buaya moncong panjang hidup di Pulau Jawa dan mereka diperkirakan punah jutaan tahun lalu.

3. Banteng Purba

(foto: boombastis.com)

Fosil tengkorak nenek moyang banteng ditemukan ditemukan pertama kali oleh Eugene Dubois pada tahun 1908 dikawasan situs paleoantropologi Trinil di Desa Kawu, Kedunggalar, Ngawi, Jawa Timur. Diperkirakan banteng purba ini hidup pada masa Pleistocene yang berlangsung sekitar 2,6 juta tahun lalu.

4. Badak Purba

(foto: devianart.net)

Badak cula satu yang berada di Ujung Kulon juga memiliki nenek moyangnya yang pernah tinggal di Indonesia jutaan tahun silam. Hal itu dibuktikan dengan penemuan fosil badak purba di kawasan Sangiran.

Thanks for reading 4 Hewan Purba Yang Dipercaya Pernah Tinggal Di Indonesia

Postingan terkait: